Jumat, 17 Oktober 2014

Cara Agar Kuat Lari Jarak Jauh

Berolahraga merupakan hal yang mengasikan sekaligus menyehatkan. Di samping itu, olah raga juga sudah menjadi rekreasi bagi sebagian orang, seperti; hiking dan bersepeda gunung. Sementara itu untuk jenis-jenis olah raga yang tergolong umum antara lain; berenang, senam aerobik serta jogging atau berlari. Untuk jenis yang terakhir terbilang sangat digemari oleh hampir semua lapisan umur, mengingat cara yang dianggap simpel dan tidak membutuhkan alat-alat olahraga yang ribet. Namun pada kenyataanya banyak diantara kita mengalami masalah ngos-ngosan dan nyeri pada perut ketika baru beberapa ratus meter berlari. Menanggap hal tersebut, berikut ini ada sebuah artikel mengenai tips agar kuat lari dan bernafas.

Kuat Lari Dan Bernafas

Bagaimana cara Agar Kuat Lari Dan Bernafas?

Walau tergolong olah raga yang simpel, namun dianjurkan untuk tidak memforsir tenaga terlalu banyak dalam melakukan kegiatan ini, terlebih jika anda merupakan penderita penyakit jantung. Beberapa tips agar kuat lari dan bernafas antara lain;

- Menggunakan Pernafasan Perut

Sebelum mempraktekannya, pastikan bahwa anda bisa membedakan yang mana pernafasan perut dan yang mana pernafasan dada. Jika anda sudah faham, maka praktekan cara ini agar aktifitas berlari menjadi lebih baik.

- Bernafas Menggunakan Mulut

Cara ini juga tergolong efektif, mengingat pernafasan pada hidung hanya akan membuat wajah akan mengencang yang berdampak dengan mudahnya kita untuk ngos-ngosan. Praktekan cara ini agar oksigen yang dihirup lebih maksimal.

- Pengambilan Nafas Yang Baik

Pastikan bahwa anda selalu mengambil nafas dengan baik, yakni nafas yang pendek ketika hendak berlari. Hal ini akan mengatur ritme nafas menjadi lebih teratur dan mampu berlari dengan maksimal.

- Nafas Dengan Berirama

Cara ini banyak dipraktekan oleh pelari profesional. Cara ini tergolong ampuh karena dalam pengambilan nafas disesuaikaan dengan langkah ketika berlari. Jadi oksigen yang dihirup tidak akan terbuang dengan percuma dan berdampak dengan kemampuan lari yang maksimal.

Cara-cara tersebut memang tidak mudah, namun dengan latihan yang rutin maka anda mampu terbiasa untuk berlari dengan lebih baik. Itulah ulasan mengenai tips agar kuat lari dan bernafas yang bisa anda ikuti jika ingin kuat berlari dan tentunya untuk mengatur pola pernafasan sobat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar