Kamis, 02 Oktober 2014

Karakter seorang extrovert



Setiap manusia yang lahir ke dalam dunia ini pastilah memiliki kepribadian dan character di dalam dirinya masing-masing. Character adalah sebuah pemberian anugerah dari tuhan. Namun kita sering bingung seperti apa karakter kita sebenarnya. Nah, di dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai 2 tipe kepribadian orang pada umumnya. Extrovert dan introvert adalah 2 tipe yang biasanya melekat di dalam diri setiap orang. Termasuk di dalam tipe apakah diri anda? Berikut ulasan mengenai cirri-ciri kepribadian extrovert dan introvert :

Tertarik dengan apa yang terjadi di sekitar mereka

Seorang extrovert mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi tentang suatu kejadian yang sedang terjadi di sekitarnya. Dia akan memanfaatkan kejadian itu sebagai bahan untuk berkomunikasi dengan orang lain (nge gossip). 

Terbuka dan seringkali banyak bicara

 Jangan pernah takut untuk kehabisan bahan pembicaraan dengan orang ini karena selalu ada saja topic dari dalam dirinya. Jadi ketika stack dalam sebuah pembicaraan, si extrovert akan memutar otak untuk mencari bahan yang lain jangan sampai diam di tempat.



Membandingkan mereka dengan orang lain

 

 Merasa diri paling benar, mungkin inilah salah satu kelemahan si extrovert. Kadang karena terlalu mendominasi pembicaraan, ia ingin agar orang lain memahami dan mengiyakan pendapatnya adalah pendapat yang paling sempurna. Jangan heran kalau dia sangat keras kepala dalam memberikan opini meskipun belum tentu benar.
 

 

 

Aksi dan inisiatif

Memulai suatu pembicaraan dan berinteraksi dengan orang lain adalah salah satu kelebihan extrovert. Bukan karena dia harus melakukan hal itu, tetapi karena dia ingin dan butuh untuk melakukan hal tersebut. Kalau tidak dilakukan, maka dirinya akan merasa tidak nyaman.






Mendapatkan teman baru dan beradaptasi

Diakui dalam suatu pergaulan merupakan kebutuhan dan kesenangan orang extrovert. Tidak jarang untuk mendapatkan sebuah pengakuan dia harus merendahkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Tapi, setelah itu dia akan berusaha mendominasi sebuah pembicaraan. 

 

 

 Mengatakan apa yang mereka pikirkan

 Susah menyembunyikan perasaaan adalah salah satu kelebihan dan kekurangan extrovert. Orang mudah menebak dirinya. Oleh karena itu, sangatlah terlihat apakah dia sedang sedih, murung, atau marah. Kelebihannya, orang nya ceplas ceplos dan easy going. Tidak suka yah ngomong tidak suka.




Tertarik dengan orang baru

 Menjalin hubungan dengan orang baru merupakan hobby dari type orang extrovert. Memiliki teman dan relasi yang banyak sudah pasti. Tapi memiliki teman yang dekat sampai sehidup semati biasanya tidak. 

 

 

 

Memilih teman

Ketika dia bertemu dengan orang yang tidak dia sukai, maka akan sangat terlihat dari mimik mukanya. Dia dapat menolak ketika dia tidak ingin bersahabat dengan orang tersebut. Beda dengan orang introvert yang lebih pandai menyembunyikan perasaan. Tidak suka dia masih bisa berusaha bersahabat meskipun tidak terlalu dekat.




Type orang seperti ini haruslah bekerja di bidang yang banyak berinteraksi dengan dengan banyak orang seperti marketing, pr, artis, dll. Orang extrovert cenderung sering jadi pelupa, tidak dapat menepati janji, tidak jenius (bukan berarti tidak pintar) karena dia tidak dapat focus dalam satu bidang, overconfident. Namun dia memiliki kelebihan yaitu mudah bersosialisasi sehingga tidak jarang dia dapat menjadi bintang dalam sebuah pergaulan. 


Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Apapun itu, patut kita syukuri. Dan tugas kita lah untuk lebih menyempurnakan kelebihan dan memperbaiki kekurangan kita.

Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar