Senin, 27 Oktober 2014

Pentingnya Selimut Saat Tidur

Selimut merupakan salah satu perlengkapan tidur yang wajib ada bagi kebanyakan orang. Namun, sebagian yang lain lebih suka tidur tanpa selimut. Tahukah Anda apa sebenarnya fungsi selimut saat tidur?. Menentukan pilihan selimut tentunya harus disesuaikan dengan ukuran tempat tidur Anda. Oleh karena itu anda harus memilih ukuran selimut sesuai dengan ukuran tempat tidur anda jangan berdasarkan pemikiran / feeling.

Mengapa demikian? Selimut semahal ataupun seindah apapun tidak akan terlihat bagus ataupun cantik dan nyaman saat dipasangkan diatas tempat tidur anda jika ukurannya tidak sesuai, mungkin itu terlalu besar ataupun terlalu kecil. Masalah bahan tentu merupakan faktor utama dalam segi kenyamanan yang cukup signifikan.

Pastikan bahan selimut yang anda beli nyaman bagi kulit tubuh anda. Misalkan saja, Tidak menjadikan rasa panas maupun iritasi dikarena gesekan saat anda tidur. Oleh karena itu pilih selimut yang mempunyai bahan lembut dan halus agar diatas tempat tidur lebih nyaman.

Kegunaan Selimut Saat Tidur Di Ruangan Ber-AC

Menurut seorang ahli kulit dari Jakarta, selimut berfungsi sebagai oklusi atau penahan yang dapat mengurangi proses penguapan berlebihan dari lapisan kulit. Ia menganjurkan kita agar menggunakan selimut dengan bahan berserat halus, mudah menyerap, dan tidak terlalu tebal. Dengan demikian, proses penguapan hanya dikurangi atau diperlambat, tetapi tidak diganggu.

Selimut terutama mutlak perlu saat kita tidur di ruangan berpendingin. Tidur dalam ruangan berpendingin udara adalah kebiasaan yang sulit ditinggalkan bagi orang perkotaan. Bahkan kadang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Namun tahukah Anda bagaimana prinsip kerja si pendingin udara ini?

AC atau air conditioner mendinginkan udara dengan cara menarik kelembaban dalam ruangan. Dengan demikian, kelembaban udara menurun hingga kondisi ruangan menjadi kering. Jika kita berada dan tidur dalam ruangan ini terus-menerus, kelembaban kulit lambat laun akan menghilang hingga kulit menjadi kering. Itulah kenapa perawatan malam hari mutlak dilakukan sebelum tidur, termasuk menggunakan selimut yang lembut dan hangat.

Jadi mulai sekarang, sebaiknya selimut masuk dalam perlengkapan tidur yang wajib untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar