Minggu, 19 Oktober 2014

Manfaat dari Berlari

Banyak sekali bentuk olahraga yang bermafaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah lari. Lari merupakan olahraga ekonomis, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran kamu dengan menjalani olahraga ini. Banyak orang yang menjalani olahraga ini dan mereka pun melakukannya dengan alas an yang berbeda-beda.

Berlari sangatlah mudah dipelajari. Manfaat yang didapatkan pun bisa dibilang sangat berlimpah. Pada dasarnya, berlari menawarkan banyak kebaikan bagi tubuh, pikiran, dan psikologis.

Manfaat Secara Psikologis

Berlari itu meningkatkan kadar serotonin dalam otak kamu sehingga bisa menciptakan suasana hati yang lebih positif dan stress pun berkurang. Rasa percaya diri juga bisa ditingkatkan dengan berlari. Seorang pelari memiliki rasa kemadndirian dan prestasi yang lebih besar.

Berlari juga melepaskan endorphin yang berfungsi mengurangi depresi. Endorphin adalah neurotransmitter yang ada di dalam otak yang berfungsi mengurangi rasa sakit, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan memberikan rasa bahagia. Keajaiban endorphin yang lain yaitu memiliki kekuatan 80 kali lebih banyak ketimbang morfin untuk mengurangi rasa sakit.

Seorang pelari bisa merasakan kebebasan dan melupakan semua masalah ketika mereka merasakan angina di rambut mereka. Kamu pun bisa mengendalikan emosi kamu dan membuat keputusan. Berlari juga berarti kamu akan lebih fous dan stamina pasti meningkat karena aliran darah dalam tubuh meningkat sehingga sirkulasi darah ketika menuju otak semakin banyak.

Manfaat Secara Fisik

Selain manfaat psikologis, berlari memiliki begitu banyak manfaat bagi fisik kamu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, berlari membantu menjaga berat badan kamu. Berlari juga membakar lebih banyak kalori daripada aktivitas fisik lainnya.

Berlari membuat sehat jantung kamu karena denyut jantung akan meningkat dan otot-otot dalam jantung akan bekerja secara teratur. Berlari pun dapat meningkatkan kadar HDL, yang meningkatkan kolesterol secara keseluruhan dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh semakin berkembang berkat lari, karena sel darah putih akan meningkat. Sel darah putih merupakan sel-sel tempur dalam tubuh, yang dapat memerangi tahap awal penyakit seperti diabetes dan kanker.

Berlari juga membuat tulang kamu semakin sehat, kuat. meningkatkan kepadatan tulang, mencegah cedera dan timbulnya osteoporosis. Dan akhirnya, berlari dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat pernapasan jadi lebih baik.

Kesimpulannya, berlari itu adalah sesuatu yang baik. Berlari dimana pun dapat dilakukan mudah hemat dan tidak banyak memakan waktu. Selain berlari banyak berbagai olah raga yang dapat dilakukan oleh anda dalam kehidupan sehari-hari. Anda hanya perlu meluangkan waktu sedikit untuk berolahraga. Baik sendiri maupun bersama teman-teman anda maupun keluarga. Apapun tujuan kamu untuk kesehatan atau menciptakan banyak teman. Yang pasti, kualitas fisik dan mental kamu akan meningkat. Jadi, tunggu apa lagi jangan berpikir lagi lakukan saja seluruh kegiatan olah raga yang anda bisa lakukan. Jangan menunda suatu perbuatan yang baik untuk anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar